Senin, 24 Februari 2020

6 Macam Anti Oksidan Yang Perlu Diketahui

Anti Oksidan yang Perlu Diketahui - Anti oksidan yaitu zat alami yang bisa memperlambat proses oksidasi dalam badan sehingga badan kekal muda. BIsa juga dikatakan bahwa anti oksidan yaitu senyawa-senyawa yang bermanfaat untuk melindungi sel-sel dari imbas berbahaya radikal bebas. Dalam kehidupan modern dan semakin dinamis ini seseorang harus memperhatikan diet yang sehat dan olehraga yang sempurna untuk tetap bisa mempertahankan kebugaran tubuh.
 Anti oksidan yaitu zat alami yang bisa memperlambat proses oksidasi dalam badan sehingg 6 Macam Anti Oksidan yang Perlu Diketahui
Para hebat kesehatan menyampaikan bahwa seseorang akan tetap sehat dan fit kalau tubuhnya mengonsumsi kuliner yang mengandung anti oksidan dengan jumlah yang cukup. Maka untuk itu perlu diketahui apa saja bentuk anti oksidan dan macam-macam anti oksidan serta dimana bisa diperdapatkan. Biasanya anti oksidan banyak terkandung dalam buah-buahan dan sayuran, sekarang banyak juga kapsul dan komplemen yang dibentuk untuk memenuhi anti oksidan. Untuk lebih jelas, berikut kami paparkan macam-macam anti oksidan.

1. Alfa-karoten
Alfa karoten atau alpha carotene merupakan senyawa yang bisa dikonversi menjadi vitamin A kalau memang diharapkan oleh tubuh. Anti oksidan alfa-karoten ini sangat bermanfaat untuk melindungi hati, kulit, mata dan paru-paru. Alfa karoten bisa diperdapatkan dalam kuliner menyerupai labu, wortel.

2. Beta Karoten (beta-carotene)
Ini yaitu bentuk dan model anti oksidan yang sangat populer dan sering kita dengar. Beta karoten ini bermanfaat untuk menjaga kekebalan tubuh, menjaga arteriosklerosis, mencegah serangan jantung dan stroke. Anti oksidan beta karoten sama juga dengan alfa karoten sama-sama bisa diubah oleh badan menjadi vitamin A kalau dibutuhkan.

Beta karoten bisa didapatkan dalam sayuran menyerupai aprikot, melon, wortel, buah persik, bayam, brokoli, dan mangga. Tunggu apa lagi, segera galakkan kuliner sehat ini.

3. Cryptoxanthin
Bentuk lain dari anti oksidan adlaah Cryptoxanthin. Cryptoxanthin juga diubah oleh badan menjadi vitamin A. Menurut penelitian bahwa darah perempuan mengandung anti oksidan Cryptoxanthin lebih banyak ketimbang dari pria. Anti oksidan ini bermanfaat untuk mencegah kanker serviks.

Kita sering mendengar merokok sangat jelek bagi pria, lebih-lebih wanita, ini alasannya kandungan Cryptoxanthin bisa menurun akhir merokok. Anda bisa mendapat anti oksidan Cryptoxanthin dalam buah peach, pepaya, dan jeruk.

4. Likopen atau lycopene
Likopen yaitu anti oksidan yang dianggap lebih kuat ketimbang beta karoten, tetapi likopen ini tidak di ubah menjadi vitamin A sebagaimana anti oksidan lainnya. Sumber likopen yaitu buah yang berwarna merah menyerupai buah tomat, semangka.

Likopen yang lebih tinggi didapatkan dalam darah orang yang lebih muda, sementara likopen dengan jumlah rendah didapatkan dalam darah orang tua.

5. Lutein
Selanjutnya yang menjadi anti oksidan yaitu lutein. Lutein andalah anti oksidan yang sangat besar lengan berkuasa terhadap mata. Kekurangan lutein bisa menyebabkan kebutaan pada orang dewasa. Untuk mengatasi problem mata anda harus mengkonsumsi cukup lutein.

Sumber lutein yaitu sayuran hijau menyerupai kangkung, bayam.

6. Zeaxathin
Yang terakhir yaitu Zeaxathin. Zeaxathin yaitu anti oksidan yang melindungi mata dari imbas negatif radikal bebas. Selain melindungi mata Zeaxathin juga memproteksi badan dari serangan sel tumor. Untuk memperoleh anti oksidan jenis ini anda harus mengkonsumsi cuku sayuran-sayuran menyerupai bayam, bit hijau, daun sawi putih, dan selada air.
Demikianlah 6 jenis anti oksidan yang sangat diharapkan oleh tubuh serta sumber-sumber anti oksidannya. Semoga saja artikel singkat ini bisa menambahkan ilmu pengetahuan kita untuk bisa hidup lebih sehat dan segar.

0 komentar:

Posting Komentar