Senin, 17 Februari 2020

Cara Gampang Budidaya Ikan Mujair Untuk Ekonomi Keluarga

Cara Praktis Budidaya Ikan Mujair - Ikan mujair ialah ikan yang sangat gampang berkembang biak dan juga sangat cepat perkembangannya, sehingga ikan mujair cocok untuk dijadikan salah satu bentuk perjuangan untuk menambahkan pendapatan keluarga. Sebelum kita menjelaskan lebih jauh perihal ikan mujair, ada baik kita tahu dulu asal mula ikan mujair. Mujari berasal dari nama seorang yang pertama kali menemukan ikan ini yaitu Bapak Mujair, yang menemukan ikan mujair di muara sungai serang Blitar Jawa Timur pada tahun 1939. Kaprikornus sampai kini ikan ini diberi nama dengan ikan mujair.
 Ikan mujair ialah ikan yang sangat gampang berkembang biak dan juga sangat cepat perkemban Cara Praktis Budidaya Ikan Mujair untuk Ekonomi Keluarga
Cara Praktis Budidaya Ikan Mujair
Perkembangan ikan mujair yang sangat cepat menyebabkan perjuangan budidaya ikan mujair sangat potensial, namun dikala sudah besar ikan mujair akan melambat pertumbuhannya. Ikan mujair besar panjangnya sanggup mencapai 40 cm. Ikan mujair selain potensial sebagai ladang perjuangan juga yummy dikonsumsi, apalagi mujair yang sudah besar, rasanya niscaya yummy dan terasa sekali lemaknya. Ikan mujair sanggup sebagai penyedia protein hewani.

Budidaya ikan mujair tidak harus dalam bak tanah, sanggup juga budidaya ikan mujair dilakukan dalam KOlam Terpal, tetapi jikalau anda ingin mebuat bak tanah, maka lahan tanah yang cocok untuk daerah budidaya ikan mujair ialah sbb:

1. Perhatikan tanah, sebaiknya tanah daerah bak ialah tanah liat, sehingga sanggup menampung air dan tidak bocor atau diserap tanah

2. Buat kemiringan tanah sampai 3-5% semoga gampang dalam pengairan secara gravitasi

3. Lokasi pembuatan bak ikan mujair harus berada pada ketinggian antara 150-1000 diatas permukaan laut

4. Usahakan airnya higienis dan air yang tidak terkontaminasi limbah

5. Ikan mujair sama dengan ikan mas, dimana perkembangannya sangat manis jikalau ada air keluar masuk dalam kolamnya

6. Usahakan suhu air, yang berada pada tingkat 15-20 derajat celcius

Persiapan Budidaya Ikan Mujair

1. Setelah bak simpulan dibuat, jikalau kolamnya banyak air maka harus dikeringkan terlebih dahulu selama beberapa hari. Kemudian diberi kapur atau dilakukan pengapuran untuk menghilangkan dan memberantas hama penyakit atau ikan liar lainnya yang menjadi predator bagi ikan mujair nantinya. Pengapuran dilakukan dengan takaran 25-200 gram/meter persegi. Dan melaksanakan pemupukan yaitu dengan memperlihatkan pupuk urea dan TSP masing- masing dengan takaran 50-700 gram/meter persegi.

2. Melakukan pemupukan
Setelah semua bersih, yang perlu dilakukan ialah pemupukan. Pemupukan dalam bak dimaksudkan untuk merangsang pertumbuhan banyak sekali macam masakan ikan alami. Sehingga pertumbuhan ikan akan cepat akhir dari banyaknya masakan alami tersebut. Dalam hal ini pupuk yang biasa dipakai ialah pupuk kandang.

3. Pakan ikan mujair untuk pembesaran
Kalau masakan alami ikan mujair sudah berkurang atau istilahnya bak ikan tidak subur lagi (tidak menghasilkan masakan alami) maka perlu dilakukan proteksi masakan perhiasan dengan kapasitasnya yaitu tepung ikan 25%, tepung kopra 10% dan dedak halus sebesar 65%. Selain masakan ibarat yang dimaksud, sanggup juga diberikan masakan berupa pellet yang berkadar protein 20-30% dengan takaran 2-3% dari berat populasi/harinya. Makanan ikan mujair ini diberikan dua kali sehari yaitu pagi dan sore.

Demikianlah cara gampang membudidaya ikan mujair sebagai perhiasan omset pendapatan keluarga. Selain dengan memakai media bak tanah ibarat yang disebutkan, sanggup juga memelihara ikan mujair dengan memakai media bak terpal.

0 komentar:

Posting Komentar