Senin, 03 Februari 2020

Tips Membaca Cepat Dan Gampang Paham

Tips Membaca Cepat dan Praktis Paham - Bagi kita yang ingin membaca banyak buku dalam sehari tentu tidak akan dapat menghabiskannya jikalau metode membaca yang kita terapkan masih ibarat membaca waktu di SD dulu. Jadi, untuk dapat membaca dengan optimal kita perlu menguasai tips membaca cepat namun tetap memahami apa yang kita baca.

Sekarang dalam membaca ditemukan teknik tersendiri untuk dapat membaca cepat dan tetap dapat memahami apa yang kita baca. Teknik membaca ini disebut dengan teknik skimming dan scanning. Kenapa harus ada teknik membaca segala, ya alasannya ialah dengan memakai teknik ini kita akan menghimat waktu dan memahami bacaan dengan gampang serta informasi yang kita baca dapat tahan lagi. Yang lebih penting, memakai teknik membaca ini dapat melatih kecerdasan otak kita.
 Bagi kita yang ingin membaca banyak buku dalam sehari tentu tidak akan dapat menghabiskann Tips Membaca Cepat dan Praktis Paham

Berikut ialah dua teknik membaca cepat dan memudahkan kita memahami bacaan.

Tips Membaca Cepat dan Praktis Paham, Teknik Skimming dan Scanning


1. Membaca dengan teknik Scanning
Membaca tatap (scanning) atau disebut juga dengan memindai ialah membaca sangat cepat. Ketika seseorang membaca memindai, beliau akan melampaui banyak kata. Menurut Mikulecky Jeffries (dalam Farida Rahim, 2005), Teknik scanning ini penting dilaukan dan dikuasai untuk dapat menguasai beberapa informasi sekaligus dalam waktu cepat. Kalau kita biasa membaca dengan tidak melewati kata per kata dalam kalimat, maka membaca dengan memakai metode scanning ini dapat memahami bacaan dengan lebih cepat. Tapi, tips membaca cepat dengan cara memindai ini tidak asal digunakan. Jika untuk membaca buku teks, puisi, surat penting dari andal hukum, dan sebagainya, perlu lebih detil dalam membacanya.

Tips atau teknik membaca Scanning atau memindai berarti mencari informasi spesifik secara cepat dan akurat. Memindai artinya terbang di atas halaman-halaman buku. Membaca dengan teknik memindai artinya menyapu halaman buku untuk menemukan sesuatu yang diperlukan. Scanning berkaitan dengan menggerakan mata secara cepat keseluruh bab halaman tertentu untuk mencari kata dan frasa tertentu.

Teknik membaca dengan teknik memindai atau scanning ini memakai gerakan mata secara cepat ibarat menyapu di atas bacaan/buku, sehingga saat menemukan sebuah informasi yang penting maka mata akan berhenti. Teknik scanning menciptakan anda dapat membaca cepat dan menghabiskan banyak bacaan dalam sehari.

Langkah-Langkah dalam Membaca Scanning

  • Perhatikan penggunaan urutan ibarat "angka", "huruf", "langkah", "pertama", "kedua", atau "selanjutnya".
  • Carilah kata yang dicetak tebal, miring atau yang dicetak berbeda dengan teks lainnya.
  • Ingat...Terkadang penulis menempatkan kata kunci di batas paragraph

Langkah atau proses scanning yang lain yakni:
  • Menggerakkan mata cepat ibarat anak panah, dari atas eksklusif kebawah
  • Setelah ditemukan sebuah informasi yang dianggap penting, maka kecepatan diperlambat untuk menemukan keterangan lengkap dari informasi yang dicari, dan
  • Pembaca dituntut mempunyai pemahaman yang baik berkaitan dengan karakteristik yang dibaca (misalnya, kamus disusun secara alfabetis dan ada keyword di setiap halaman bab kanan atas, ensiklopedi disusun secara alfabetis dengan pembalikan untuk istilah yang terdiri dari dua kata, dan sebagainya).

2. Teknik Membaca dengan metode Skimming
Membaca Skimming ialah membaca dengan melayap cepat untuk mengetahui isi umum atau bab suatu bacaan. (Farida Rahim, 2005). Membaca layap perlu dilakukan untuk mengetahui sudut pandang penulis perihal sesuatu, dan menemukan referensi organisasi paragraf, dan menemukan gagasan umum dengan cepat (Mikulecky & Jeffries dalam Farida Rahim, 2005).

Skimming juga dapat dijelaskan dengan membaca sekilas atau membaca cepat untuk mendapat suatu informasi dari yang kita baca. Skimming dilakukan untuk melaksanakan pembacaan cepat secara umum dalam suatu materi bacaan. Dalam skimming, proses membaca dilakukan secara melompat-lompat dengan melihat pokok-pokok pikiran utama dalam materi bacaan sambil memahami tema besarnya.

Selain untuk mendapat gagasan utama dari sebuah teks. Untuk mengetahui apakah suatu artikel sesuai dengan apa yang kita cari. Untuk menilai artikel tersebut, apakah menarik untuk dibaca lebih lanjut secara mendetail. Kecepatan membaca secara skimming biasanya sekitar 3-4 kali lebih cepat dari membaca biasa.

Langkah-langkah untuk Skimming
  • Baca judul, sub judul dan subheading untuk mencari tahu apa yang dibicarakan teks tersebut.
  • Perhatikan ilustrasi sebuah goresan pena ibarat (gambar atau foto), ini bertujuan semoga Anda mendapat informasi lebih jauh perihal topik tersebut.
  • Baca pada awal dan selesai kalimat setiap paragraph
  • Metode ini tidak membaca kata per kata. Biarkan mata Anda melaksanakan skimming kulit luar sebuah teks. Carilah kata kunci
  • Lanjutkan dengan berpikir mengenai arti teks tersebut.

Itulah 2 metode dan tips membaca cepat dan memahami makna bacaan serta dapat mendapat informasi dengan lebih efisien. Semoga bermanfaat

Baca juga:

0 komentar:

Posting Komentar