Minggu, 12 Juli 2020

5 Tips Memilih Masker Kain yang Baik


Beberapa waktu lalu, masker bedah banyak dijual dengan harga fantastis selama masa pandemi corona. Kebutuhan masker bedah yang meningkat tidak seimbang dengan kelangkaan di pasaran akibat orang-orang non medis yang memakai masker jenis ini. Oleh sebab itu, pemerintah menghimbau semua orang untuk memakai masker saat di luar rumah dengan bahan yang lebih ramah lingkungan. Jual masker kain merekomendasikan penutup mulut dan hidung dari bahan yang bisa dicuci ulang sehingga lebih hemat.



Memilih Masker Kain yang Baik

Agar Anda tidak salah pilih masker kain, pastikan tahu cara memilih masker kain yang bagus berikut:

1.                  Kenali jenis-jenis kain

Di pasaran, penjualan masker kain terus meningkat seiring kebutuhan penggunaan masker setiap hari. Masker kain sudah menjadi tren fesyen kekinian selain melindungi diri dari risiko tertular virus corona. Ada baiknya Anda mempelajari jenis kain tertentu agar bisa memilih bahan masker yang baik.

Ada banyak kain yang digunakan sebagai masker seperti katun, sifon, flanel, sintetis, kombinasi, dan lain-lain. Namun, riset menunjukkan bahwa bahan kain hibrida ampuh menyaring partikel virus hingga 80 persen untuk ukuran virus kurang dari 300 nanometer, sedangkan virus yang berukuran lebih dari 300 nanometer bisa tersaring hingga 90 persen. Jenis kain hibrida merupakan kombinasi dari kapas dengan sutra atau sifon atau kapas dengan flanel.

2.                  Mengetahui cara penggunaan yang benar

Meskipun Anda bisa memilih jual masker kain hibrida terbaik, namun tidak mengaplikasikan cara penggunaan yang benar akan sia-sia saja. Kemungkinan masker dari bahan kain lain lebih efektif sebab Anda tahu cara pemakaian yang tepat. Masker kain harus terpasang di area mulut, dagu dan hidung secara sempurna.

3.                  Memilih model masker kain yang sesuai kebutuhan

Mau pilih model masker kain yang berbeda dari orang lain, kenapa tidak? Anda bisa mempertimbangkan masker kain custom yang bisa menjadi tren penampilan kekinian. Namun, Anda harus tetap memilih jenis maker kain yang sudah dilengkapi tali atau karet elastis. Pemilihan masker kain tiga lapis yang diberi filter berupa tisu jauh lebih efektif dibandingkan dengan masker kain dua lapis, lho!

4.                  Hindari bahan masker kain yang lembab

Guna melindungi diri Anda dari risiko tertular virus corona, sebaiknya Anda memilih masker kain yang sesuai prosedur kesehatan. Anda harus menghindari pilihan kain yang bisa meningkatkan kelembaban sehingga kuman bisa berkembang biak. Selain itu, tingkat kelembaban tinggi di sekitar kulit hidung atau mulut berpotensi menyebabkan masalah iritasi, ruam, jerawat, atau komedo.

Jenis kain yang tidak direkomendasikan sebagai bahan masker adalah kain tenun, polyester, rajutan, spandeks, dan kain yang tidak mudah kering. Sebelum membeli masker kain yang dijual di pasaran, pastikan Anda mengecek kredibilitas bahan yang digunakan, ya!

5.                  Ketahui cara pencucian dan perawatan yang benar

Masker kain bisa digunakan berulang kali asal Anda rajin mencuci dengan benar. Masker kain tidak boleh digunakan dalam waktu lebih lama dari 3 atau 4 jam saja. Sebaiknya Anda memiliki masker kain cadangan agar tetap bisa mendapatkan perlindungan dari risiko penularan virus. Jemur masker kain di bawah sinar matahari dan simpan di tempat yang kering agar tidak lembab dan menjadi sarang penyakit.

Nah, apakah Anda masih enggan memakai masker dari bahan kain terbaik? Selama Anda selektif memilih masker kain yang bagus, maka kesehatan diri sendiri saat bepergian atau aktivitas di luar bisa terjamin. Jangan lupa untuk membeli produk unggulan dari toko jual masker kain yang memiliki testimoni atau ulasan pelanggan yang berkualitas, ya!

0 komentar:

Posting Komentar